MuatMuat Blog

Kubikasi Pada Truk: 5 Jenis Truk dan Kubikasinya Lengkap!

Facebook
Twitter
WhatsApp
Kubikasi Pada Truk

muatmuatKubikasi Pada Truk: Di era modern yang serba cepat, logistik dan transportasi menjadi kunci utama dalam kelancaran berbagai aktivitas. Truk, sebagai kendaraan tangguh dan sarat manfaat, menjadi tulang punggung yang mengantarkan berbagai kebutuhan manusia. Namun, tahukah Anda bahwa di balik daya angkutnya yang besar, terdapat sebuah konsep penting yang sering kali luput dari perhatian: kubikasi truk?

Kubikasi, atau volume ruang yang tersedia di bak truk, bukan hanya sekadar angka. Pemahaman mendalam tentang kubikasi truk membuka gerbang menuju pengiriman barang yang cerdas dan efisien. Bagi Anda yang hendak menyewa truk, merencanakan proyek konstruksi, atau juga ingin memaksimalkan distribusi barang, artikel ini hadir sebagai panduan lengkap untuk menguak misteri kubikasi truk.

Apa itu Kubikasi Truk?

Apa itu Kubikasi Truk?

Di balik ketangguhan truk mengangkut berbagai muatan, terdapat sebuah konsep penting yang sering kali luput dari perhatian: kubikasi truk. Bagi sebagian orang, istilah ini mungkin terdengar asing, namun pemahamannya bagaikan kunci ajaib untuk membuka gerbang pengiriman barang yang cerdas dan efisien.

Kubikasi truk adalah volume ruang yang tersedia di bak truk untuk menampung muatan. Diukur dalam meter kubik (m3), kubikasi dihitung dengan mengalikan panjang, lebar, dan juga tinggi bak truk. Sederhananya, bayangkan bak truk sebagai sebuah kotak besar. Semakin besar kotaknya, maka semakin banyak pula ruang yang tersedia untuk menampung muatan.

Rumus:

Kubikasi (m3) = Panjang (m) x Lebar (m) x Tinggi (m)

Contoh:

Sebuah truk dengan bak berdimensi panjang 5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 3 meter memiliki kubikasi:

Kubikasi = 5 m x 2 m x 3 m = 30 m3

Mengapa Kubikasi Penting?

Kubikasi bukan hanya sekadar angka. Memahami kubikasi truk bagaikan memiliki peta harta karun dalam dunia pengiriman barang. Berikut beberapa alasan mengapa kubikasi begitu penting:

  • Memilih Truk yang Tepat: Mengetahui kubikasi membantu Anda memilih jenis truk yang sesuai dengan kebutuhan muatan. Truk dengan kubikasi yang terlalu kecil dapat mengakibatkan muatan tidak muat, sedangkan truk yang terlalu besar berarti Anda membayar lebih untuk ruang yang tidak terpakai.
  • Merencanakan Penataan Muatan: Kubikasi membantu Anda menyusun strategi penataan muatan yang optimal. Dengan memahami dimensi bak truk, maka Anda dapat memaksimalkan ruang dan memastikan barang terkirim dengan aman dan terjaga.
  • Menghitung Kebutuhan Ruang: Kubikasi membantu Anda menghitung ruang yang dibutuhkan untuk menampung muatan. Hal ini penting untuk memastikan kelancaran proses bongkar muat dan menghindari kerusakan barang.
  • Membuat Perkiraan Biaya yang Akurat: Mengetahui kubikasi membantu Anda membuat perkiraan biaya sewa truk yang lebih akurat. Dengan begitu, Anda dapat menghindari biaya tambahan yang tidak terduga.

Jenis Truk dan Kubikasinya

Jenis Truk dan Kubikasinya

Dunia logistik dan transportasi diwarnai dengan berbagai jenis truk yang masing-masing memiliki karakteristik dan kubikasi yang berbeda-beda. Memahami jenis truk dan kubikasinya bagaikan memiliki kunci garpu untuk membuka pintu gerbang solusi pengiriman yang tepat.

Berikut beberapa jenis truk yang umum digunakan beserta perkiraan kubikasinya:

1. Truk Pickup:

Truk Pickup

  • Kubikasi: 2-4 m3
  • Cocok untuk: Barang pindahan rumah dalam jumlah kecil, material ringan, dan muatan yang membutuhkan fleksibilitas bongkar muat.

2. Truk Engkel Bak (CDE):

Truk Engkel Bak (CDE)

  • Kubikasi: 4-6 m3
  • Cocok untuk: Barang pindahan rumah dalam jumlah sedang, material konstruksi, dan muatan yang membutuhkan mobilitas tinggi.

3. Truk Fuso:

truk fuso

  • Kubikasi: 6-10 m3
  • Cocok untuk: Barang pindahan rumah dalam jumlah besar, material logistik, dan muatan yang membutuhkan daya angkut mumpuni.

4. Truk Tronton:

Truk Tronton

  • Kubikasi: 20-30 m3
  • Cocok untuk: Pengiriman barang dalam jumlah besar, muatan berat, dan jarak tempuh yang jauh.

5. Truk Trailer:

Truk Trailer

  • Kubikasi: 40-60 m3
  • Cocok untuk: Pengiriman kontainer, muatan besar dengan volume tinggi, dan perjalanan antar pulau.

Tips Memilih Truk yang Tepat:

  • Pertimbangkan jenis muatan: Apakah muatan Anda padat, ringan, atau bervolume besar?
  • Hitung kebutuhan kubikasi: Berapa banyak ruang yang Anda butuhkan untuk menampung muatan?
  • Perhatikan jarak tempuh: Seberapa jauh jarak yang akan ditempuh truk?
  • Sesuaikan dengan anggaran: Berapa budget yang Anda sediakan untuk sewa truk?

Contoh:

Anda ingin mengangkut 100 karung pasir dengan dimensi 50 cm x 30 cm x 20 cm untuk proyek konstruksi di daerah yang berdekatan. Kepadatan pasir rata-rata 1,6 ton/m3.

Langkah 1: Hitung volume satu karung pasir

Volume = Panjang x Lebar x Tinggi = 0,5 m x 0,3 m x 0,2 m = 0,03 m3

Langkah 2: Hitung total volume 100 karung pasir

Total volume = 0,03 m3/karung x 100 karung = 3 m3

Langkah 3: Pertimbangkan kepadatan pasir

Volume muatan (m3) = Total volume (m3) / Kepadatan (ton/m3) = 3 m3 / 1,6 ton/m3 = 1,875 m3

Langkah 4: Tambahkan ruang ekstra

Volume total yang dibutuhkan (m3) = Volume muatan (m3) + Ruang ekstra = 1,875 m3 + 0,5 m3 = 2,375 m3

Faktor yang Mempengaruhi Kubikasi

Faktor yang Mempengaruhi Kubikasi

Dunia kubikasi truk tak hanya tentang dimensi panjang, lebar, dan juga tinggi. Ada beberapa faktor lain yang turut memengaruhi kubikasi truk, bagaikan benang kusut yang perlu diurai untuk memaksimalkan ruang angkut dengan cerdas.

1. Dimensi Bak Truk:

Faktor paling utama adalah dimensi bak truk, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Semakin besar dimensi bak, maka semakin besar pula kubikasinya. Namun, perlu diingat juga bahwa dimensi bak truk juga memiliki batasan yang ditentukan oleh peraturan lalu lintas.

2. Jenis Muatan:

Jenis muatan juga memengaruhi kubikasi. Material dengan kepadatan tinggi (seperti pasir) membutuhkan ruang yang lebih sedikit dibandingkan material dengan kepadatan rendah (seperti kayu). Hal ini dikarenakan material padat dapat ditumpuk lebih rapat, sehingga memaksimalkan ruang bak truk.

3. Susunan Muatan:

Cara penataan muatan di bak truk juga dapat memengaruhi efisiensi ruang dan kubikasi. Susunan yang rapi dan teratur dapat meminimalkan ruang kosong dan memaksimalkan kapasitas truk.

4. Modifikasi Bak Truk:

Beberapa truk memiliki bak truk yang dimodifikasi, seperti bak terbuka, bak tertutup, bak kembar, dan juga bak kontainer. Modifikasi ini dapat memengaruhi kubikasi dan jenis muatan yang dapat diangkut.

5. Berat Muatan:

Berat muatan juga perlu dipertimbangkan, meskipun tidak secara langsung memengaruhi kubikasi. Truk memiliki daya angkut maksimum (DMA) yang tidak boleh dilampaui. Memuat muatan melebihi DMA dapat membahayakan keselamatan dan merusak truk.

Tips Memaksimalkan Kubikasi:

  • Pilih truk dengan dimensi bak yang sesuai dengan kebutuhan muatan.
  • Susun muatan dengan rapi dan teratur.
  • Gunakan teknik penataan muatan yang optimal, seperti Tetris Loading.
  • Pertimbangkan modifikasi bak truk jika diperlukan.
  • Patuhi batas DMA truk.

Tips Menghitung Kebutuhan Kubikasi

Tips Menghitung Kebutuhan Kubikasi

Dunia kubikasi truk tak hanya tentang rumus dan angka. Di balik perhitungannya, terdapat strategi dan tips jitu untuk merajut jaring kebutuhan kubikasi yang tepat, bagaikan kompas yang mengarahkan Anda pada pengiriman yang sukses.

Langkah 1: Ukur Dimensi Muatan

Langkah pertama adalah mengukur dimensi (panjang, lebar, dan tinggi) dari setiap barang yang akan diangkut. Gunakan meteran atau alat ukur lainnya untuk mendapatkan data yang akurat. Catat dimensi setiap barang pada selembar kertas atau aplikasi pencatat.

Langkah 2: Perkirakan Kepadatan Barang

Kepadatan barang adalah berat jenis material yang akan diangkut. Diukur dalam kilogram per meter kubik (kg/m3). Anda dapat mencari informasi kepadatan rata-rata untuk berbagai jenis barang di internet atau berkonsultasi dengan ahli di bidang logistik.

Langkah 3: Hitung Volume Setiap Barang

Gunakan rumus berikut untuk menghitung volume (dalam m3) setiap barang:

Volume (m3) = Panjang (m) x Lebar (m) x Tinggi (m)

Contoh: Sebuah kardus dengan dimensi 50 cm x 40 cm x 30 cm memiliki volume:

Volume = 0,5 m x 0,4 m x 0,3 m = 0,06 m3

Ulangi langkah ini untuk semua barang yang akan di angkut. Catat volume setiap barang pada daftar Anda.

Langkah 4: Hitung Total Kebutuhan Volume

Jumlahkan volume semua barang yang akan di angkut untuk mendapatkan total kebutuhan volume (dalam m3).

Total Kebutuhan Volume (m3) = Volume Barang 1 (m3) + Volume Barang 2 (m3) + … + Volume Barang n (m3)

Langkah 5: Tambahkan Ruang Ekstra

Ruang ekstra di perlukan untuk pergerakan dan keamanan muatan selama proses pengangkutan. Biasanya, ruang ekstra di hitung sekitar 10-20% dari total kebutuhan volume.

Total Kebutuhan Volume dengan Ruang Ekstra (m3) = Total Kebutuhan Volume (m3) x (1 + Persentase Ruang Ekstra)

Contoh: Jika total kebutuhan volume adalah 10 m3 dan Anda menambahkan 15% ruang ekstra, maka:

Total Kebutuhan Volume dengan Ruang Ekstra = 10 m3 x (1 + 0,15) = 11,5 m3

Langkah 6: Pilih Truk yang Tepat

Bandingkan total kebutuhan volume dengan kubikasi berbagai jenis truk yang tersedia. Pilihlah truk dengan kubikasi yang sedikit lebih besar dari total kebutuhan volume untuk memastikan muatan dapat di muat dengan nyaman dan aman.

Tips:

  • Gunakan kalkulator online atau aplikasi smartphone untuk mempermudah perhitungan kubikasi.
  • Konsultasikan dengan penyedia layanan sewa truk untuk mendapatkan bantuan dalam menghitung kubikasi, dan juga memilih truk yang tepat.
  • Pertimbangkan jenis muatan dan kebutuhan penataan muatan saat memilih truk.

Contoh Perhitungan Kebutuhan Kubikasi

Contoh Perhitungan Kebutuhan Kubikasi

Dunia kubikasi truk tak hanya tentang rumus dan angka, tetapi juga tentang penerapannya dalam situasi nyata. Mari kita selami contoh perhitungan kebutuhan kubikasi untuk mengantarkan 100 karung pasir ke proyek konstruksi:

Langkah 1: Ukur Dimensi Karung Pasir

Misalkan karung pasir memiliki dimensi 50 cm x 30 cm x 20 cm. Ubah dimensi ke meter:

Panjang = 50 cm / 100 cm/m = 0,5 m Lebar = 30 cm / 100 cm/m = 0,3 m Tinggi = 20 cm / 100 cm/m = 0,2 m

Langkah 2: Hitung Volume Satu Karung Pasir

Gunakan rumus volume:

Volume 1 karung = 0,5 m x 0,3 m x 0,2 m = 0,03 m3

Langkah 3: Hitung Total Volume 100 Karung Pasir

Volume total = 0,03 m3/karung x 100 karung = 3 m3

Langkah 4: Perkirakan Kepadatan Pasir

Kepadatan pasir rata-rata 1,6 ton/m3.

Langkah 5: Hitung Volume Muatan Pasir

Volume muatan = Total volume / Kepadatan = 3 m3 / 1,6 ton/m3 = 1,875 m3

Langkah 6: Tambahkan Ruang Ekstra

Ruang ekstra 15%:

Total volume dengan ruang ekstra = 1,875 m3 x (1 + 0,15) = 2,163 m3

Langkah 7: Pilih Truk yang Tepat

Di butuhkan truk dengan kubikasi minimal 2,163 m3. Truk Engkel Bak (CDE) dengan kubikasi 4-6 m3 sudah cukup untuk mengangkut muatan tersebut.

Kesimpulan

Dunia kubikasi truk bagaikan lautan luas yang menyimpan segudang pengetahuan dan strategi untuk pengiriman barang yang cerdas dan sukses. Dengan memahami konsep kubikasi, Anda dapat memilih truk yang tepat, memaksimalkan efisiensi ruang angkut, menghemat biaya, dan juga memastikan keamanan muatan.

Dunia kubikasi truk tak hanya tentang angka dan rumus, tetapi juga tentang strategi dan perencanaan yang matang. Dengan memahami dan menerapkan pengetahuan kubikasi truk, Anda dapat menjelajahi dunia logistik dan transportasi dengan penuh keyakinan dan mencapai tujuan pengiriman barang dengan sukses.

muatmuat

Bergabunglah dengan muatmuat untuk mendapatkan lebih banyak peluang muatan truk yang datang dari mana saja, maka dari itu harus di manfaatkan dengan baik. Apakah Anda memiliki truk tetapi tidak tahu cara mencari muatan? Anda dapat menggunakan fitur kami di antaranya lelang / tender muatan dan instatnt order dalam mencari muatan. Di muatmuat kamu bisa menambah peluang muatanmu menjadi lebih besar.

Pertama, lihat jenis truk yang Anda miliki dan cari tahu berapa daya angkutnya. Jangan khawatir dengan harga yang di sebutkan karena nantinya Anda bisa bernegosiasi langsung dengan pihak Shipper secara transparan. Jadi, kepuasan bisa di rasakan bersama oleh seluruh pihak.

Informasi muatan yang di hadirkan muatmuat juga bervariatif, karena setiap harinya banyak permintaan yang masuk di aplikasi muatmuat.

Lalu bagi Anda yang sebaliknya mempunyai kebutuhan dalam pengiriman atau memiliki muatan, baik untuk keperluan bisnis atau pengiriman lainnya, segera gabung dan akses kemudahan ekosistem logistik digital kami baik melalui website maupun aplikasi android untuk mendapatkan support pengiriman sesuai kebutuhan Anda!

Konsultasikan kebutuhan muatan kamu bersama kami sekarang!

Download aplikasi muatmuat di sini

Visited 33 times, 1 visit(s) today

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top

Download Ekosistem Kami