MuatMuat Blog

Partisipasi Ekosistem Logistik, Pelaku Logistik saatnya Kolaborasi

Facebook
Twitter
WhatsApp

   Merawat Ekosistem Logistik Indonesia yang Berkelanjutan

Sahabat Logistik muatmuat, ungkapan Ekosistem Logistik Indonesia di dunia yang serba cepat dan dinamis ini memberikan dasar penting untuk menjaga produk dan layanan yang berkualitas. Saat ini pemerintah Indonesia gencar menyuarakan National Logistic Ecosystem (NLE) yang bertujuan untuk membangun infrastruktur, koordinasi dan kerjasama antara semua pihak yang terlibat di sektor logistik.

Apa itu NLE?

Secara umum, NLE merupakan proses revolusioner pada sektor logistik negara yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi logistik dan memperbaiki iklim investasi. Lingkungan logistik yang kuat dan berkelanjutan memberikan landasan yang di perlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing lokal dan memenuhi kebutuhan logistik masyarakat.

Ekosistem Logistik pada Instruksi Presiden (INPRES) No.5 Tahun 2020

Jika melihat pada instruksi presiden (INPRES) No.5 Tahun 2020 tentang penataan ekosistem logistik nasional di bahas mengenai Upaya meningkatkan kinerja logistik nasional untuk memperbaiki iklim investasi dan meningkatkan daya saing perekonomian nasional. Tujuannya adalah untuk membangun ekosistem logistik nasional yang berkelanjutan.
Kewajiban perusahaan dalam penerapan National Logistics Ecosystem sangatlah penting dalam menjaga kelancaran dan keberlanjutan sistem logistik di tingkat nasional. Dalam upaya ini, perusahaan memiliki beberapa tanggung jawab yang perlu dipenuhi :

  1. Perusahaan di harapkan untuk mematuhi semua peraturan dan undang-undang yang terkait dengan logistik. Ini termasuk perizinan yang diperlukan, kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, dan pemenuhan standar keamanan.
  2. Pengusaha harus berinvestasi pada infrastruktur dan teknologi yang di butuhkan agar berhasil mengelola operasi logistik mereka. Hal ini mencakup pembangunan gudang yang sesuai, penggunaan perangkat lunak dan sistem manajemen logistik yang canggih, serta penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi logistik.
  3. Perusahaan hendaknya berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk pemerintah, perusahaan logistik, dan mitra bisnis, dengan tujuan membangun ekosistem logistik nasional. Kolaborasi ini meliputi pertukaran informasi, koordinasi kegiatan logistik dan penciptaan hubungan antar pelaku logistik.
  4. Investasi pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di sektor logistik.

Jadi bagaimana dengan bisnis Sahabat muatmuat? dengan keikutsertaan dan partisipasi perusahaan di harapkan sistem logistik Indonesia dapat berjalan secara efisien, yang pada akhirnya akan memberikan nilai besar bagi masyarakat dan perekonomian negara.

Muatmuat sebagai salah satu perusahaan IT hadir sebagai kolaborator melalui penyediaan sistem manajemen logistik digital terintegrasi.  Untuk menghubungkan para pelaku logistik Indonesia agar menjadi lebih efisien dan saling terhubung. Melalui pengalaman selama 4 generasi di bidang logistik muatmuat hadir sebagai solusi IT terdepan dalam membangun roadmap logistik agar lebih dapat kompetitif, tumbuh dan survive.


Ingin kegiatan logistik Anda semakin efisien ? Gabung dalam Ekosistem Kami, Sekarang.

Visited 831 times, 1 visit(s) today

Baca Juga

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top

Download Ekosistem Kami