MuatMuat Blog

Supply Chain Tantangan Baru Era Teknologi

Facebook
Twitter
WhatsApp

Supply Chain: Menghadapi Tantangan Baru di Era Teknologi!

muatmuat – Pada beberapa tahun yang lalu, rantai pasokan secara global mampu mengendalikan supply chain atau rantai pasokan secara efektif, memaksimalkan pengiriman yang tepat waktu, dan mengatasi beberapa masalah lainnya. Sekarang, masalah rantai pasokan sangat berbeda dari sebelumnya.

Namun, pandemi melanda seluruh dunia setelah itu. Ini menyebabkan gangguan rantai pasokan yang signifikan dan kekurangan produk yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia. Saat pemulihan ekonomi sedang berlangsung, saatnya untuk mempertimbangkan kembali pendekatan manajemen rantai pasokan. Artikel ini akan memeriksa masalah utama rantai pasokan dan memberikan solusi.

Dunia Supply Chain Menghadapi Tantangan yang Belum Pernah Ada Sebelumnya

Selama pandemi, media terus memberitakan gangguan rantai pasokan. Selama bertahun-tahun, kapal kontainer yang penuh dengan suku cadang dan bahan mentah yang rusak telah tertahan di laut. Tidak mungkin bagi kapal-kapal tersebut untuk membongkar barang mereka di pelabuhan. Transportasi darat tidak cukup untuk mengangkut barang ke tujuan berikutnya, bahkan jika kiriman akhirnya tiba di pantai.

Pengecer dan pusat distribusi tidak dapat mendapatkan atau memindahkan barang yang mereka butuhkan karena gudang dan fasilitas manufaktur ditutup. Karena lebih banyak orang yang tinggal di rumah atau menghadapi masalah keuangan yang sedang terjadi, permintaan konsumen menurun.

Barang-barang yang beragam seperti susu formula bayi, produk makanan, perlengkapan bangunan rumah, dan tisu toilet adalah beberapa kekurangan yang dipublikasikan secara luas di pasar konsumen.

Untuk mengatasi masalah ini, akan diperlukan inovasi dalam teknologi dan pendekatan manajemen risiko untuk mengoptimalkan manajemen produksi dan meminimalkan risiko rantai pasokan.

Masalah Supply Chain Terbesar

Kesuksesan perusahaan manufaktur bergantung pada manajemen supply chain. Untuk strategi rantai pasokan berhasil, visibilitas, kehandalan, dan kemampuan prediksi diperlukan. Di bawah ini adalah tujuh masalah utama yang paling umum.

Kekurangan Bahan Baku / Material

Semua orang yang bekerja di rantai pasokan dan pengadaan barang setuju: kekurangan material adalah salah satu masalah terbesar di tahun 2021.

Forbes melaporkan bahwa, “Kilang anggur di seluruh dunia melaporkan kekurangan bahan pengemasan dan produksi, sementara secara bersamaan mengalami kendala logistik saat mereka bekerja untuk mendapatkan sumber daya yang mereka butuhkan untuk mengangkut mereka. anggur kepada konsumen.” Ini adalah salah satu contoh bagaimana kekurangan bahan meningkatkan masalah dalam rantai pasokan.

Cara Mengatasi Kekurangan Bahan

Dalam sebuah penelitian, 57% perusahaan yang disurvei berpendapat bahwa mendiversifikasi pasokan manufaktur adalah cara terbaik untuk menghindari gangguan pasokan material di masa depan. Namun, ada strategi alternatif:

1. Tinjau tren dan masukkan inovasi terbaru dalam otomatisasi rantai pasokan.

2.Percepat bagian jika diperlukan.

3. Tingkatkan kerja sama pemasok.

4. Fokus pada manajemen inventaris untuk menemukan potensi kekurangan.

Kurangnya Visibilitas Supply Chain

Kemampuan untuk menentukan lokasi dan melacak pergerakan setiap komponen dari bahan mentah dan suku cadang hingga produk akhir saat dikirim ke pemasok dan konsumen dikenal sebagai visibilitas rantai pasokan.

Visibilitis tingkat tinggi memungkinkan bisnis untuk mengetahui kapan produk akan sampai di tujuan dan kapan produk tersedia untuk dilanjutkan. Kekurangan pelindung diri dan ventilator untuk pasien COVID serta masalah distribusi awal vaksin adalah contoh nyata dari visibilitas rantai pasokan selama pandemi.

Cara Meningkatkan Visibilitas Supply Chain

Untuk meningkatkan visibilitas rantai pasokan, pertama-tama analisis rantai pasokan Anda saat ini untuk menemukan titik lemah. Solusi untuk masalah ini harus diprioritaskan berdasarkan apa yang paling penting untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Implementasikan teknologi manajemen rantai pasokan berfitur lengkap dan buang sistem teknologi silo yang tidak bekerja sama dengan baik.

Lambatnya Transportasi

Beberapa faktor dapat menyebabkan keterlambatan transportasi, seperti:

1. Kendaraan yang tua, usang, tidak berfungsi, atau tidak memadai.

2. Penundaan cuaca dan bencana alam.

3. Pelambatan atau pemogokan buruh

4. Konflik, perang, atau penyumbatan pelabuhan di suatu wilayah

Rekomendasi untuk bisnis yang ingin mengatasi tantangan kelambatan transportasi adalah sebagai berikut:

1. Mencari vendor untuk digunakan sebagai alternatif cadangan

2. Memeriksa pilihan rute yang mungkin

3. Menyesuaikan kebijakan inventaris

4. Meningkatkan visibilitas logistik untuk melacak pengiriman

Transformasi dan Integrasi Digital

Mencari, mengumpulkan, menganalisis, dan bernegosiasi dengan pihak yang terlibat dalam rantai pasokan membutuhkan kemajuan teknologi digital. Data yang dikumpulkan dapat digunakan untuk mendukung peningkatan kinerja yang diperlukan untuk manajemen rantai pasokan saat ini.

Atasi Tantangan Supply Chain Dengan muatmuat

Rantai pasokan bisnis modern memiliki tantangan kompleks dan beragam, seperti keterlambatan pengiriman, biaya transportasi tinggi, manajemen stok yang tidak efisien, komunikasi yang kurang lancar, dan keandalan supplier.

muatmuat merupakan Platform Ekosistem Logistik Terbesar dan Terlengkap di Indonesia yang hadir untuk membantu para pelaku logistik mendapatkan efisiensi tertinggi diseluruh tahapan logistik yang ada. Manfaatnya termasuk pencarian truk dengan lebih cepat, estimasi biaya yang lebih transparan, pilihan kendaraan dan vendor transportasi yang beragam.

muatmuat membantu bisnis logistik mencapai pelanggan yang lebih luas dan memperluas eksposur online mereka. Kami juga membantu dalam membangun reputasi bisnis logistik Anda di dunia maya, kami juga membantu Anda dalam menemukan jasa / barang pendukung kegiatan logistik dengan harga yang kompetitif.

Mitra muatmuat yang baru memulai bisnis, terutama di bidang logistik, jangan berkecil hati, karena muatmuat memberikan kesempatan bagi bisnis Anda untuk memperluas jangkauannya ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan bergabung bersama muatmuat, Anda akan menjadi bagian dari komunitas e-logistik yang berkembang pesat dan dapat memanfaatkan peluang dalam bisnis logistik secara online. Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan bisnis logistik Anda dan meraih kesuksesan di era digital ini.

Jangan lewatkan berita terbaru dari muatmuat, nantikan terus tips, tutorial, dan konten lainnya di muatmuat. Anda dapat mengunjungi website kami di www.muatmuat.com atau mengunduh aplikasi muatmuat di playstore.

Visited 60 times, 1 visit(s) today

Baca Juga

Scroll to Top

Download Ekosistem Kami