MuatMuat Blog

Sekilas tentang Logistik Ekosistem Nasional

Facebook
Twitter
WhatsApp

National Logistic Ecosystem program gagasan dan bentuk komitmen pemerintah dalam menata logistik masa depan Indonesia

Sekilas tentang Logistik Ekosistem Nasional

Saat ini pemerintah sedang gencar meluncurkan program nasional khususnya dibidang logistik berupa ekosistem logistik nasional, nah kita perlu untuk mengetahui apa sih program nasional tersebut.

Di artikel ini, kami akan membahas apa itu ekosistem logistik nasional, baik dari latar belakang, tujuan dan detail programnya. Yuk langsung saja kita berkenalan sekilas tentang ekosistem logistik nasional. 

Latar Belakang.

Pemulihan perekonomian nasional hingga saat ini masih terus dilakukan pemerintah. Salah satu langkah strategisnya adalah dengan meningkatkan daya saing perekonomian nasional melalui Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional, yang diimplementasikan dengan Ekosistem Logistik Nasional/ National Logistic Ecosystem (NLE).Pemulihan perekonomian nasional sampai waktu ini masih terus dilakukan pemerintah. Salah satu langkah strategisnya merupakan menggunakan menaikkan daya saing perekonomian nasional melalui Instruksi Presiden Nomor lima tahun 2020 mengenai Penataan Ekosistem Logistik Nasional, yg diimplementasikan menggunakan Ekosistem Logistik Nasional/ National Logistic Ecosystem (NLE).

Penataan ekosistem logistik nasional ini diyakini mampu menghadirkan transparansi dan persaingan usaha yang lebih sehat di sektor logistik, sehingga kinerja logistik nasional menjadi lebih efisien. Dalam lima tahun ke depan biaya logistik nasional diharapkan turun dari saat ini 23,5% PDB menjadi paling tidak 17% PDB pada tahun 2024.

Perbaikan kinerja logistik nasional tadi pula dibutuhkan sanggup memperbaiki posisi Indonesia dalam informasi lapangan-informasi lapangan internasional, seperti Ease of Doing Business (EoDB) & Logistic Performance Index (LPI), dan mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dalam akhirnya bisa menaikkan minat buat berinvestasi pada Indonesia.

Tujuan. 

Nasional Logistic Ecosystem merupakan suatu interaksi ekosistem logistik yg menyelaraskan arus kemudian lintas barang & dokumen internasional semenjak kedatangan wahana pengangkut sampai barang datang pada gudang. Ekosistem Logistik Nasional pula sebagai katalisator bagi ekosistem-ekosistem logistik yg mempunyai karakter khusus.

Bila dilihat dalam garis besar, NLE merupakan sebuah sistem reformasi dalam bidang logistik tanah air yang bertujuan untuk mendorong performa logistik dan meningkatkan iklim sebuah investasi. dapat diartikan juga bahwa national logistics ecosystem menjalankan sebuah aliran lalu lintas barang. Mulai sejak kedatangan sarana pengangkut baik itu kapal maupun pesawat hingga barang sampai kembali di gudang.

Dengan demikian rantai panjang dan repetisi dapat dipangkas dan dikurangi sehingga biaya logistik yang masih menjadi pekerjaan rumah di sektor logistik akan semakin efisien. 

Program.

Ruang lingkup pengembangan ekosistem logistik nasional mencakup empat area besar, yaitu inbound, outbound, domestic, & free trade zone. Dalam upaya penataan ekosistem logistik nasional tersebut, pemerintah telah menyiapkan berbagai langkah strategis melalui simplifikasi proses bisnis layanan pemerintah di bidang logistik yang berbasis teknologi informasi untuk menghilangkan repetisi dan duplikasi.

Selain hal diatas, masih ada pula langkah yg diambil pemerintah yaitu kerja sama antara layanan pemerintah & pelaku aktivitas logistik internasional juga domestik, penyederhanaan transaksi pembayaran penerimaan negara & fasilitas pembayaran antar pelaku bisnis terkait proses logistik, dan penataan rapikan kelola ruang kepelabuhan & jalur distribusi.

Bea Cukai pada aneka macam wilayah juga turut melakukan aneka macam pengenalan & pemugaran terhadap implementasi ekosistem logistik nasional untuk menaikkan kelancaran arus logistik.

Salah satu daerah yg sudah siap memasuki fase implementasi & sebagai tempat percontohan merupakan Batam. Melalui Ekosistem Logistik Batam yg adalah bagian menurut Ekosistem Logistik Nasional, pemerintah akan menyederhanakan layanan ship to ship floating storage unit (STS FSU).

Apabila sebelumnya pengajuan data masih dilakukan secara manual pada beberapa unit kementerian/ forum & membutuhkan saat sedikitnya 3 hari, maka lewat ekosistem logistik akan semakin efisien lantaran pengajuan data hanya dilakukan sekali, dengan begitu diperkirakan akan meningkatkan kecepatan waktu pelayanan sampai 70% atau mencapai hanya satu hari saja. 

muatmuat Kolaborator Logistik Digital

muatmuat sendiri hadir sebagai kolaborator digital para pelaku logistik untuk terhubung dalam satu platform ekosistem logistik dalam mendorong efisiensi logistik nasional dalam jangka panjang bagi para penggunanya. muatmuat hadir untuk memastikan bisnis anda semakin, Kompetitif , melalui penurunan biaya logistik yang memperbesar keuntungan perusahaan Anda sehingga mempunyai daya saing tinggi, Tumbuh, dengan proses logistik yang optimal dapat mempercepat pertumbuhan bisnis Anda, dan Survive, bersama kami mari ciptakan industri logistik yang lebih efisien dan sukses. 

Akses ekosistem muatmuat sekarang dan jadilah pelaku logistik yang semakin efisien bersama pelaku logistik di dalam kolaborasi ekosistem digital kami, Gabung Sekarang

Visited 259 times, 1 visit(s) today

Baca Juga

Scroll to Top

Download Ekosistem Kami