MuatMuat Blog

Logistik – Arti, Peran dan Fungsi

Facebook
Twitter
WhatsApp

Logistik: Membedah Makna, Menguak Peran, dan Menyelami Fungsinya

muatmuat – Logistik adalah proses perencanaan dan pelaksanaan transportasi dan penyimpanan barang yang efektif dari sumbernya ke lokasi penggunaan. Memenuhi kebutuhan pelanggan secara efisien dan hemat biaya adalah tujuan dari proses ini.

Memindahkan seseorang, peralatan, dan barang militer membutuhkan logistik. Saat ini, istilah ini lebih banyak digunakan untuk memindahkan barang komersial dalam rantai pasokan.

Banyak bisnis yang berfokus pada logistik membantu produsen, ritel, dan sektor lain yang memiliki kebutuhan besar untuk mengangkut barang.

Beberapa memiliki layanan hanya satu atau dua bagian, seperti transportasi darat, udara, laut, gudang, dan perangkat lunak, sedangkan yang lain memiliki layanan lengkap.

Bisnis ritel besar atau produsen/manufaktur besar biasanya memiliki sebagian besar jaringan distribusi mereka sendiri. Namun, kebanyakan perusahaan menyerahkan tugas tersebut kepada perusahaan lain, yang juga dikenal sebagai pihak ketiga (3PL).

Fungsi Logistik

Dua fungsi utama logistik adalah transportasi dan gudang/tempat penyimpanan.

Dalam manajemen transportasi, perencanaan, optimalisasi, dan pelaksanaan penggunaan kendaraan untuk mengangkut barang antar pelanggan, lokasi ritel, dan gudang adalah fokus utama. Jenis transportasi ini mencakup berbagai rute, termasuk laut, udara, kereta api, dan jalan.

Manajemen transportasi tidak mengherankan karena sangat kompleks dan termasuk perencanaan, optimalisasi rute, pengiriman muatan, manajemen pesanan, audit pengiriman, dan pembayaran.

Ini juga dapat diperluas ke manajemen taman, proses yang mengawasi pergerakan kendaraan di luar pabrik, gudang, dan fasilitas distribusi. Karena harga, ketersediaan, dan kapasitas transportasi dapat sangat berbeda, manajemen transportasi sangat penting.

Perangkat lunak sistem manajemen transportasi (TMS) umumnya digunakan oleh perusahaan logistik untuk memenuhi permintaan logistik transportasi.

Manajemen gudang, juga dikenal sebagai “manajemen gudang”, mencakup tugas-tugas seperti mengelola inventaris dan memenuhi pesanan pelanggan. Ini juga mencakup pengelolaan infrastruktur dan gudang, seperti pusat pemenuhan, di mana barang pesanan diterima, diproses, dan akhirnya dipenuhi untuk pelanggan.

Seringkali, saat barang melintasi perbatasan nasional atau tiba di pelabuhan pengiriman, manajemen kepabeanan—juga disebut sebagai manajemen perdagangan global—adalah dokumen yang menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah.

Mengapa Logistik penting?

Sementara pengiriman tepat waktu selalu penting di seluruh rantai pasokan, hal itu menjadi lebih penting dalam beberapa tahun terakhir sebagai akibat dari perdagangan omnichannel dan multi saluran, di mana produk yang disesuaikan ke rumah atau ritel yang dipesan melalui smartphone dikirimkan pada hari yang sama.

Produsen, distributor, pengecer, dan pemasok harus meningkatkan proses logistik mereka untuk memenuhi permintaan pengiriman barang yang lebih cepat dan lebih mudah. Selain itu, mereka harus memperkuat integrasi proses dan sistem mereka untuk meningkatkan visibilitas rantai pasokan.

Perbedaan Antara Manajemen Rantai Pasokan dan Logistik

Manajemen proses perencanaan dan pelaksanaan transportasi dan penyimpanan barang secara efektif merupakan bagian penting dari manajemen rantai pasokan atau Supply Chain Management (SCM).

Logistik, meskipun istilah ini kadang-kadang digunakan secara bersamaan, berfokus pada pemindahan produk dan bahan se-efisien mungkin. Sebaliknya, manajemen rantai pasokan mencakup perencanaan yang lebih luas, seperti perencanaan permintaan dan perencanaan penjualan dan operasi; dan eksekusi rantai pasokan, termasuk manajemen sumber daya dan transportasi.

Istilah “logistik inbound” dan “logistik outbound” kadang-kadang digunakan untuk menunjukkan barang yang tiba di atau meninggalkan fasilitas, sebaliknya Reverse logistic adalah kategori penting lainnya dari proses logistik yang diperlukan untuk mengembalikan produk untuk diservis, diperbaiki, atau dinonaktifkan dan didaur ulang.

Demikian penjelasan lengkap tentang logistik, mencakup pengertian, peran, dan fungsinya. Jangan lewatkan berita terbaru dari muatmuat. Jika Anda adalah pemilik jasa pengiriman barang atau pemilik muatan, Anda pasti sudah terbiasa dengan dunia logistik.

Nantikan terus tips, tutorial, dan konten lainnya dari muatmuat, muatmuat merupakan Platform Ekosistem Logistik Terbesar dan Terlengkap di Indonesia yang hadir untuk membantu para pelaku logistik mendapatkan efisiensi tertinggi diseluruh tahapan logistik yang ada, muatmuat juga hadir membantu anda dalam menemukan jasa / barang pendukung kegiatan logistik anda dengan harga yang kompetitif seperti jasa pergudangan, kebutuhan jasa tenaga kerja di bidang logistik sampai dealer penyedia penjualan armada transportasi yang terpercaya.

Dengan bergabung bersama muatmuat, Anda akan menjadi bagian dari komunitas e-logistik yang berkembang pesat dan dapat memanfaatkan peluang dalam bisnis logistik secara online. Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan bisnis logistik Anda dan meraih kesuksesan di era digital ini. Anda dapat mengunjungi website kami di www.muatmuat.com atau mengunduh aplikasi muatmuat di playstore.

Visited 64 times, 1 visit(s) today

Baca Juga

Scroll to Top

Download Ekosistem Kami